pelajaran berharga di malam cny

kali ini, kulinersurabaya.net akan membagikan sebuah pengalaman dari seorang kolega. pengalaman yg bisa dipetik hikmahnya oleh siapa saja, terutama yang bergerak di bidang jasa penyediaan makanan. baik itu karyawan ataupun pemilik tempat makan. artikel ini ditulis tanpa berniat untuk menghakimi, menyudutkan atau pun menjatuhkan pihak2 yang terlibat.

bagi etnis tionghoa dari suku apapun, berkumpul dan makan bersama keluarga pada malam pergantian tahun baru imlek sangatlah penting. beberapa orang yang mampu secara finansial, biasanya menyediakan sejumlah makanan lezat dan mengundang keluarga dekat. undangan tersebut dimaksudkan agar keluarga dekat turut bergembira dan menikmati rezeki yang diperoleh yang bersangkutan selama setahun.

seorang kolega kulinersurabaya.net merayakan pergantian tahun baru imlek dengan acara makan2 bersama keluarganya di rumah. seperti juga tahun2 sebelumnya, beliau memesan beberapa menu makanan di sebuah resto masakan cina yang sudah menjadi langganannya berpuluh tahun.

nota pesanan dan pelunasan

sayangnya, kali ini, beliau memesan tidak di resto pusat seperti kebiasaan beliau. melainkan di cabang resto terkenal tsb yang berada di kawasan manyar kertoarjo. hal tersebut beliau lakukan, karena cabang baru lebih dekat dengan tempat tinggal beliau. juga karena beliau sangat percaya dengan nama besar resto langganan tersebut.

pada hari dan waktu yang telah ditentukan oleh pihak resto, beliau datang untuk mengambil pesanan makanan. saat itu suasana di dalam resto penuh dengan para pelanggan. seorang pelayan resto menyambut beliau dan memeriksa tanda terima pesanan. si pelayan memberitahu beliau bahwa pesanan makanan yang telah beliau pesan belum siap. dengan tanpa berprangsangka apapun, beliau pun duduk menunggu.

para pelanggan take away dan dine-in

setelah menunggu beberapa lama, beliau bercakap2 dengan pelanggan lain. dari percakapan tersebut diketahui bahwa beberapa pelanggan lain sudah menanti sekitar satu jam. beberapa pelanggan mulai mempertanyakan kondisi tersebut kepada para pelayan. pihak resto tidak mampu memastikan pukul berapa pesanan para pelanggan tersebut siap. karena tidak ada pemberitahuan resmi dari pihak resto, baik dari para pelayan maupun dari pemilik, beberapa pelanggan mulai marah. terutama bagi para pelanggan yang mengundang tamu makan di rumah mereka. para pelayan mencoba meredam kemarahan pelanggan dengan menawari mereka minum. tapi rupanya hal tersebut tidak banyak membantu.

kemarahan para pelanggan semakin tidak terbendung, ketika para tamu yang hendak bersantap malam di tempat tiba. beberapa pelanggan meminta kembali uang muka yang telah mereka bayarkan. beberapa lagi ngotot untuk masuk ke dapur resto. para pelayan malang yang telah jadi bulan2an pelanggan tidak kuasa melarang. berbondong2lah pelanggan masuk ke dapur. mereka bertemu langsung dengan pemilik resto yang sedang berjibaku bersama dengan tim dapur menyelesaikan pesanan pelanggan. pemilik resto pun mulai menuai amarah dari pelanggan.

pemilik resto di dapur resto

hingga pukul 20.00wib, pesanan para pelanggan yang dibungkus belum terselesaikan semuanya. pelanggan yang bersantap di tempat terlihat mulai resah. terutama ketika mereka mengetahui tentang peristiwa tersebut. kolega kulinersurabaya.net tidak tahu apa yang terjadi sesudah beliau meninggalkan resto. tidak diketahui apakah pemilik resto dan para pelayan kembali menuai amarah dari pelanggan santap di tempat.

complimentary cake after the accident

niat baik dari pihak resto untuk meminta maaf, sangat dihargai oleh kolega kulinersurabaya.net. pihak resto mengirimkan sebuah kue tart ke rumah beliau. walau tanpa kue tersebut pun, beliau telah memberikan maaf kepada pihak resto. hal tersebut beliau buktikan dengan membayar lunas pesanan beliau setelah menerima masakan pesanan. hingga artikel ini dimuat, tidak ada pemberitahuan resmi dari pihak resto tentang penyebab kejadian.

hampir semua resto besar dengan spesialisasi masakan cina menolak pesanan masakan  untuk malam pergantian tahun baru imlek yang dilakukan pada hari h. pesanan paling lambat dilakukan seminggu sebelumnya. bahkan beberapa resto mulai menolak pesanan masakan untuk malam tahun baru imlek sebulan sebelumnya. sehingga kemarahan para pelanggan sangatlah dapat dipahami. alasan tersebut jugalah yang menyebabkan para pelanggan tetap menunggu pesanan mereka diselesaikan.

kolega kulinersurabaya.net sangat yakin, bahwa resto langganan beliau tersebut belajar banyak dari peristiwa yang terjadi pada malam itu. beliau juga yakin, bahwa peristiwa tersebut tidak akan terulang di kemudian hari.

semoga artikel kali ini dapat memberikan hikmah bagi pembaca blog ini.

 

One thought on “pelajaran berharga di malam cny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *