bakcang 63

menurut wikipedia bakcang adalah

Bakcang atau bacang (mandarin: rouzong) adalah penganan tradisional masyarakat Tionghoa. Kata ‘bakcang’ sendiri berasal dari dialek Hokkian yang lazim dibahasakan di antara suku Tionghoa di Indonesia.”

bakcang

terjadinya bakcang memiliki sejarah panjang. seperti penganan tradisional tionghoa lainnya, legenda, mitos dan adat istiadat bercampur. bakcang biasa digunakan untuk simbolisasi pada perayaan festival pehcun (pekcun) bersama dengan lomba perahu naga.

pembuat bakcang biasa membuat bakcang dari beras ketan. walau demikian ada juga yang membuat bakcang dari beras. beras berikut isian dibungkus dengan daun bambu lalu dimasak berjam-jam lamanya. berkat proses memasak yang lama tersebut, bakcang dapat bertahan sekitar tiga hari.

umumnya bakcang yang dijual di surabaya berisi daging. baik itu daging babi atau daging ayam. ada pula yang ditambah jamur, kacang, ebi bahkan kuning telur asin. ada pula bakcang vegetarian yang berisi sayuran. selain yang berisi, ada pula bakcang tanpa isi yang biasa disebut sebagai kue cang ato kicang. yang terakhir ini, dimakan dengan kinca atau sarikaya.

di depan hi-tech mall atau thr, ada sebuah depot kecil yang menjual bakcang dan liang teh. depot 63, mudah dikenali dari pajangan wadah liang teh yang berbentuk seperti labu terbuat dari kuningan.  liang teh tersedia dalam dua rasa pahit dan manis. khasiatnya untuk meredakan panas dalam. liang teh pahit lbh cepat menurunkan panas dalam.

bakcang depot 63 sendiri sangat memiliki isi yang sangat spesial. bongkahan daging babi, irisan tebal jamur shitake, kuning telur asin, dan kacang walnut. rasa yang ditampilkan betul2 menawan lidah. selain itu, bakcang buatan depot ini tidak berminyak seperti bakcang2 umumnya. sayangnya karena bahan isian yang spesial tersebut, harga yang dipatok pun jauh melampaui bakcang2 di pasaran.

isian bakcang 63

selain di jl. kusumabangsa, depot 63 ada juga di itc mega grosir.

depot 63
jl. kusumabangsa 63
buka senin – sabtu

3 thoughts on “bakcang 63

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *